Pengemudi Gojek di kawasan Jakarta dan sekitarnya berencana
melakukan aksi protes di depan kantor Gojek, yang berada di Kemang, Jakarta
Selatan. Alasannya, perusahaan pengelola aplikasi ojek online ini melakukan
perubahan kebijakan penurunan tarif dan bonus.
Tarif jarak per kilometer yang sebelumnya adalah Rp 4.000
kini diubah menjadi Rp 3.000 per kilometer per 2 November 2015. Sementara bonus
Rp 50.000 per hari yang sebelumnya didapat mitra pengemudi dari mengumpulkan
lima poin, kini bisa didapat jika mengumpulkan delapan poin per hari.
"Dulu tarifnya empat ribu per kilometer, sekarang turun
jadi tiga ribu. Kami merasa jadi sapi perah mereka saja," kata Jayadi,
seorang pengemudi Gojek
Tuntutan pengembalian tarif perkilometer, kata Jayadi akan
menjadi tuntutan tunggal dalam demontrasi yang rencananya digelar sebelum jam
makan siang. Pasalnya, penurunan tarif nyaris memangkas penghasilan 30 persen
kepada para pengemudi.
"Biasanya dari Grogol ke Pulogadung Rp 92 ribu,
sekarang Rp62 ribu saja, dan yang masuk saldo hanya Rp 30 ribuan. Kemungkinan
(demo) jadi, soalnya banyak teman yang sudah siap, dan bahkan ada sweeping buat
yang pake atribut Gojek," papar Jayadi.
Aksi ini, menurutnya ada di beberapa titik dan massa Gojek
akan berkumpul menuju satu titik berdemonstrasi di kantor Gojek, Kemang,
Jakarta Selatan.
Sejauh ini Gojek tetap menetapkan skema bagi hasil 80 persen
untuk mitra pengemudi dan 20 persen untuk perusahaan Gojek. Pendapatan 20
persen dari setiap perjalanan per pengemudi ini dimanfaatkan Gojek untuk
mengembangkan perusahaan dan memfasilitasi pengadaan masker, penutup rambut,
sampai jaket dan helm pengemudi.
Di kawasan Jakarta dan sekitar, Gojek telah memiliki 100.000 mitra pengemudi
dari total 200.000 mitra pengemudi di seluruh wilayah operasional mereka.
Perusahaan memutuskan berhenti merekrut mitra pengemudi di Jakarta dan
sekitarnya lantaran jumlahnya yang dinilai sudah cukup.
Saat ini, Gojek belum meraih untung dari layanan karena mereka punya kebijakan
memberi subsidi kepada penumpang dan pengemudi. Pada jam tertentu penumpang
cukup membayar Rp 15.000 dengan batas terjauh 25 kilometer, sementara layanan
GoFood dan GoMart ditetapkan tarif datar Rp 10.000.
Pendiri sekaligus CEO Gojek, Nadiem Makarim mengatakan, subsidi yang mereka
berikan merupakan bentuk investasi untuk menjaring banyak basis pengguna. Ia
enggan mengungkap target untuk menjadikan Gojek menjadi perusahaan yang meraih
untung.
Untuk mendanai operasional perusahaan, Gojek masih mengandalkan pendanaan dari
investor yang salah satunya adalah Sequoia Capital pada pendanaan Seri C. (CNN)
Pengemudi Gojek di kawasan Jakarta dan sekitarnya berencana
melakukan aksi protes di depan kantor Gojek, yang berada di Kemang, Jakarta
Selatan. Alasannya, perusahaan pengelola aplikasi ojek online ini melakukan
perubahan kebijakan penurunan tarif dan bonus.
Tarif jarak per kilometer yang sebelumnya adalah Rp 4.000
kini diubah menjadi Rp 3.000 per kilometer per 2 November 2015. Sementara bonus
Rp 50.000 per hari yang sebelumnya didapat mitra pengemudi dari mengumpulkan
lima poin, kini bisa didapat jika mengumpulkan delapan poin per hari.
"Dulu tarifnya empat ribu per kilometer, sekarang turun
jadi tiga ribu. Kami merasa jadi sapi perah mereka saja," kata Jayadi,
seorang pengemudi Gojek
Tuntutan pengembalian tarif perkilometer, kata Jayadi akan
menjadi tuntutan tunggal dalam demontrasi yang rencananya digelar sebelum jam
makan siang. Pasalnya, penurunan tarif nyaris memangkas penghasilan 30 persen
kepada para pengemudi.
"Biasanya dari Grogol ke Pulogadung Rp 92 ribu,
sekarang Rp62 ribu saja, dan yang masuk saldo hanya Rp 30 ribuan. Kemungkinan
(demo) jadi, soalnya banyak teman yang sudah siap, dan bahkan ada sweeping buat
yang pake atribut Gojek," papar Jayadi.
Aksi ini, menurutnya ada di beberapa titik dan massa Gojek
akan berkumpul menuju satu titik berdemonstrasi di kantor Gojek, Kemang,
Jakarta Selatan.
Sejauh ini Gojek tetap menetapkan skema bagi hasil 80 persen
untuk mitra pengemudi dan 20 persen untuk perusahaan Gojek. Pendapatan 20
persen dari setiap perjalanan per pengemudi ini dimanfaatkan Gojek untuk
mengembangkan perusahaan dan memfasilitasi pengadaan masker, penutup rambut,
sampai jaket dan helm pengemudi.
Di kawasan Jakarta dan sekitar, Gojek telah memiliki 100.000 mitra pengemudi
dari total 200.000 mitra pengemudi di seluruh wilayah operasional mereka.
Perusahaan memutuskan berhenti merekrut mitra pengemudi di Jakarta dan
sekitarnya lantaran jumlahnya yang dinilai sudah cukup.
Saat ini, Gojek belum meraih untung dari layanan karena mereka punya kebijakan
memberi subsidi kepada penumpang dan pengemudi. Pada jam tertentu penumpang
cukup membayar Rp 15.000 dengan batas terjauh 25 kilometer, sementara layanan
GoFood dan GoMart ditetapkan tarif datar Rp 10.000.
Pendiri sekaligus CEO Gojek, Nadiem Makarim mengatakan, subsidi yang mereka
berikan merupakan bentuk investasi untuk menjaring banyak basis pengguna. Ia
enggan mengungkap target untuk menjadikan Gojek menjadi perusahaan yang meraih
untung.
Untuk mendanai operasional perusahaan, Gojek masih mengandalkan pendanaan dari
investor yang salah satunya adalah Sequoia Capital pada pendanaan Seri C. (CNN)
0 Response to "Pemangakasan Bonus, Menjadi Alasan Utama Berdemo Bagi Para Mitra Gojek"
Post a Comment